BerandaEkonomiKadin Sultra Gelar Rapimprov, Anton Timbang : Ini Merupakan Salah Satu Persiapan...

Kadin Sultra Gelar Rapimprov, Anton Timbang : Ini Merupakan Salah Satu Persiapan Menjelang Pelaksanaan Rapimnas

Author

Date

Category

JURNALISWARGA.ID | KENDARI – Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Rapat Pimpinan Provinsi (Rapimprov) di Hotel Kubah 9, Sabtu (25/11/2023).

Rapimprov Tahun ini di hadiri oleh Plh. Ketua Umum Kadin Indonesia Yukki Nugrahawan, Wakil Ketua Umum Bidang Organisasi Kadin Eka Sastra, Sekda Provinsi Sultra Asrun Lio, Pj Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu serta Pengurus Kadin Sultra dan Kabupaten/Kota.

Yukki Nugrahawan mengapresiasi dan mendukung pelaksanaan Rapimprov Kadin Sultra Tahun ini. Menurutnya, pelaksanaan Rapimprov sudah sudah sesuai dengan ketentuan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Kadin Pasal 30 sebagai Wahana Koordinasi, Sinkronisasi dan Upaya Sinergi dalam perencanaan dan pelaksanaan Program Tahunan.

Yukki juga mengapresiasi Tema yang di usung dalam Rapimprov Tahun ini yakni : “Peningkatan Peran Kadin Dalam Pengembangan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Serta Investasi Menuju Kebangkitan Ekonomi Sultra”.

Menurut Yukki, Tema tersebut sejalan dengan Fungsi dan Tugas Kadin dalam tertuang dalam Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 1987 tentang Kadin, selanjutnya sejalan dengan Keputusan Presiden (Kepres) 18/2022 tentang Persetujuan AD/ART Kadin dan Cita-cita Kadin yang tertuang dalam Buku “Peta Jalan Indonesia Emas 2045”.

Baca Juga:  Kodim 1417/Kendari Bergerak Melalui Karya Bhakti Bersama Rakyat Dalam Rangka HUT Ke-66 Kodam XIV/Hasanuddin

“Kami berharap Kadin Sulawesi Tenggara bisa mengambil peran dalam mendukung Perekonomian Daerah dan Nasional. Kadin sebagai Mitra Strategis Pemerintah juga harus senantiasa merawat Hubungan baik dengan Pemerintah setempat. Harus bersinergi dan di tingkatkan,” harap Yukki Nugrahawan dalam Sambutannya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Kadin Sultra Anton Timbang menjelaskan, pelaksanaan Rapimprov Tahun ini merupakan salah satu Persiapan menjelang pelaksanaan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas).

Dalam Rapimprov, kata Anton, Pihaknya membahas beberapa Agenda seperti Bedah Buku “Peta Jalan Indonesia Emas 2045” yang di pandu oleh Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Eka Sastra.

Selanjutnya, Pihaknya juga membahas terkait Petunjuk Organisasi (PO), menandatangani Kerja Sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) terkait pencegahan Narkoba dan menggelar Rapat Pleno termasuk mendengarkan Pandangan Umum Kadin Kabupaten/Kota di Sultra.

Baca Juga:  Center for Budget Analysis Temukan Adanya Dugaan Korupsi Proyek Pengadaan Jasa survey dan penyusunan indeks kemerdekaan pers

“Melalui Rapimprov kali ini, Kami mengajak seluruh Komponen yang ada di Sulawesi Tenggara menyatukan Hati untuk membangkitkan Ekonomi Sulawesi Tenggara,” ajak Anton Timbang.

Turut hadir membuka Rapimprov Kadin, Sekda Sultra Asrun Lio. Ia mengapresiasi Agenda Tahunan yang di laksanakan Kadin. Menurutnya, Rapimprov menjadi Momentum bagi Kadin untuk mencari Solusi atas Permasalahan Ekonomi yang melanda Tanah Air.

“Lewat Rapimprov ini, Mereka (Kadin) membedah Outlook Perekonomian Sultra. Itu menjadi Bahan Kita untuk menyelesaikan Masalah Ekonomi yang berpengaruh di Sultra,” ujar Asrun Lio.

Asrun Lio berharap, Kadin Sultra terus menjadi Mitra Pemerintah dalam rangka membangun Daerah, salah satunya mengendalikan Laju Inflasi.

“Kerja Sama seperti ini perlu di bangun. Kita harus bisa melihat Pemetaan (Ekonomi) di Sultra ini. Misalnya terkait Inflasi di Daerah mana ada Harga naik, Kadin dan Pemerintah Provinsi bisa melakukan Intervensi Pasar untuk bisa mengendalikannya,” pungkas dan tutup Asrun Lio.

Laporan/Editor : Muhammad Irwansyah (Wartawan Muda PWI Angkatan Ke-26). 

Leave A Reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Linda Barbara

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vestibulum imperdiet massa at dignissim gravida. Vivamus vestibulum odio eget eros accumsan, ut dignissim sapien gravida. Vivamus eu sem vitae dui.

Recent posts