BerandaKepolisianPeduli Terhadap Pelestarian Lingkungan, Polda Sultra Tanam Ribuan Bibit Pohon Mangrove

Peduli Terhadap Pelestarian Lingkungan, Polda Sultra Tanam Ribuan Bibit Pohon Mangrove

Author

Date

Category

KENDARI (JW) – Polda Sultra melaksanakan Kegiatan Bhakti Sosial berupa Penanaman Pohon Mangrove yang dilaksanakan secara Serentak di Seluruh Indonesia dalam rangka Peringati HUT Kemerdekaan RI Ke-78 Tahun 2023 yang bertempat di Areal Kendari Beach Jalan Sultan Hasanuddin, Kelurahan Punggaloba, Kecamatan Kendari Barat, Kota Kendari, Provinsi Sultra, Jum’at (18/08/2023) sekitar Pukul 08.30 Wita.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Wakpolda Sultra BRIGJEN (Pol) Dwi Irianto, S.IK., M.Si yang dihadiri dan diikuti oleh Kabagsipol Profesi SDM Mabes Polri KOMBES (Pol) Cucuk Triyono, S.Psi, Irwasda Polda Sultra (Mewakili), Para Pejabat Utama (PJU) Polda Sultra dan Para Personel Polda Sultra.

Dalam Sambutannya, Wakapolda Sultra mengatakan bahwa Kegiatan Penanaman Pohon Mangrove merupakan Kegiatan Sosial yang Rutin dilaksanakan baik dalam memperingati Hari Besar Nasional, Hari Bhayangkara dan Beberapa Program Pemerintah di Bidang Lingkungan yang melibatkan Personel Polda Sultra.

“Kegiatan Penanaman Pohon Mangrove merupakan Kegiatan Sosial yang Rutin dilaksanakan baik dalam memperingati Hari Besar Nasional, Hari Bhayangkara dan Beberapa Program Pemerintah yang melibatkan Personel Polda Sultra,” Ujarnya.

Baca Juga:  Setahun Menjabat Menjadi Kapolres Palopo AKBP DR (C) H. Muh. Yusuf Usman, SH., SIK., MT Di Mutasi Jabatan Sebagai Kapolres Soppeng, Berikut Penggantinya 👇👇👇

Lanjut, Wakapolda Sultra juga menyampaikan bahwa Kontribusi Polda Sultra dalam Berbagai Kegiatan Bertemakan : “Pelestarian Lingkungan “ diantaranya adalah Penanaman Pohon Mangrove seperti yang Kita laksanakan Hari ini.

“Ini merupakan Salah Satu Komitmen Polda Sultra dalam mendukung Pelestarian Lingkungan Hidup yang lebih baik di Sulawesi Tenggara,” Imbuhnya.

“Pohon Mangrove mempunyai banyak Fungsi dalam menjaga Ekosistem Pantai dan Lingkungan Hidup diantaranya Kemampuan menyerap Polusi serta Sedimen agar tidak mengalir ke Laut yang menjadi salah satu Penghalang Lumpur sehingga dapat Merusak Terumbu Karang juga Kemampuan Mangrove dalam menyerap Kadar Karbon Dioksida (CO2) di Udara,” Jelasnya.

Disamping itu, Wakapolda Sultra menambahkan bahwa Mangrove juga memiliki Peranan Penting dalam Upaya Mitigasi Bencana karena berdasarkan Penelitian Mangrove secara Signifikan mengurangi dampak Kerusakan dan Bencana Alam, baik Bencana Banjir, Badai, Abrasi Pantai serta dampak dari Anomali Cuaca.

Baca Juga:  Ketua DPC Ajwi Sukabumi Raya, Menyampaika Keprihatinannya terkait kondisi politik pasca Pemilu 2024

Untuk itu, Wakapolda Sultra berharap Kegiatan Penghijauan melalui Penanaman Pohon Mangrove yang merupakan Bagian dari Program Kapolri dapat Mengedukasi dan Menginspirasi Seluruh Elemen Pemerintah serta Masyarakat sehingga dapat ikut serta Berkontribusi dalam menjaga Kelestarian Lingkungan terhadap Aktivitas yang mengancam Sumber Daya Pesisir dan Pantai.

“Saya Harap Kegiatan Penghijauan melalui Penanaman Pohon Mangrove yang merupakan Bagian dari Program Polri dapat Mengedukasi dan Menginspirasi Seluruh Elemen Pemerintah serta Masyarakat sehingga dapat ikut serta Berkontribusi dalam menjaga Kelestarian Lingkungan terhadap Aktivitas yang mengancam Sumber Daya Pesisir dan Pantai,” Tutupnya.

Kemudian, Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan Penanaman Pohon Mangrove sekitar Seriibu (1.000) Bibit oleh Wakapolda Sultra beserta Seluruh Personel Polda Sultra secara Serentak di Seluruh Indonesia.

Laporan/Editor : Muhammad Irwansyah (Wartawan Muda PWI Angkatan Ke-26).

Leave A Reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Linda Barbara

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vestibulum imperdiet massa at dignissim gravida. Vivamus vestibulum odio eget eros accumsan, ut dignissim sapien gravida. Vivamus eu sem vitae dui.

Recent posts