BerandaUncategorizedSambut Baik Peluang Belajar Budaya dan Pendidikan Jepang melalui Webinar BPSDM Kemendagri

Sambut Baik Peluang Belajar Budaya dan Pendidikan Jepang melalui Webinar BPSDM Kemendagri

Author

Date

Category

Jakarta, (MGA) – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggandeng Komunitas Alumni Jepang di Indonesia (KAJI) untuk menyelenggarakan Webinar BPSDM HEBAT (Humble, Emphaty, Believe, Agile, and Tangible) Sesi ke-2 dengan tema “Pengenalan Budaya Pendidikan Jepang dan Huruf Hiragana”, Jumat (10/2/2023).

Kepala BPSDM Kemendagri Sugeng Hariyono dalam sambutannya menyampaikan, webinar ini merupakan seri kedua. Dirinya sangat mengapresiasi kolaborasi antara Kemendagri dengan KAJI untuk peningkatan sumber daya manusia (SDM). Dia menegaskan, kunci utama mewujudkan Indonesia Emas 2045 adalah SDM. Selain itu, Indonesia perlu belajar banyak dari Jepang, khususnya dalam pengelolaan budaya dan mempertahankan akar budayanya.

Baca Juga:  Hadiri Kongres GMKI Ke-38, Wabup Torut : Selamat Berkongres Bagi GMKI Mudah-Mudahan Menghasilkan Keputusan Strategis Untuk Kemajuan Bangsa Dan Gereja

Webinar yang dimoderatori oleh Silvany Dianita tersebut menghadirkan dua narasumber, yaitu Fachrurrozi atau yang dikenal dengan panggilan Ozi dan Alvin Mariogani.

Dalam penyampaian materi, Ozi menjelaskan bahwa bahasa Jepang bukan merupakan hasil pemikiran mereka sendiri, melainkan diambil dari aksara Cina dan Kanji. Dia menambahkan, bahasa Jepang merupakan pintu masuk untuk bereksplorasi dan memaksimalkan kegiatan budaya dan bahasa Jepang.

Baca Juga:  Kasdam Menerima Perwakilan Perwira Aju KKDN Pasis Dikreg LI Sesko TNI TA 2023*

Sementara itu, Alvin memaparkan bahwa hiragana adalah huruf yang pertama kali dikenal oleh anak SD dalam menulis dan menjadi dasar bagi penulisan huruf lain seperti Katakagana dan Kanji. Dia berharap, pemahaman tentang budaya dan bahasa Jepang dapat diimplementasikan secara nyata di masa depan dan peserta tidak bosan untuk belajar.

Terakhir, Silvany menyebutkan bahwa acara ini diharapkan dapat menjadi forum silahturahmi bagi aparatur untuk belajar bahasa Jepang dan peserta bisa kembali hadir pada agenda berikutnya.

Puspen Kemendagri

Leave A Reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Linda Barbara

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vestibulum imperdiet massa at dignissim gravida. Vivamus vestibulum odio eget eros accumsan, ut dignissim sapien gravida. Vivamus eu sem vitae dui.

Recent posts