BerandaMadiunGeledah 6 Kamar Selama 5 Jam, Petugas Lapas Pemuda Madiun Tidak Temukan...

Geledah 6 Kamar Selama 5 Jam, Petugas Lapas Pemuda Madiun Tidak Temukan HP dan Narkoba

Author

Date

Category

MADIUN, (MGA) – Lapas Pemuda Madiun kembali melakukan penggeledahan kamar hunian warga binaan pada Kamis (26/1/2023) malam. Dengan menyasar 6 kamar selama 5 jam, Petugas tidak menemukan adanya handphone dan narkoba.

Razia dipimpin langsung oleh Kalapas Pemuda Madiun, Ardian Nova Christiawan dengan menerjunkan 20 personil gabungan dari para Pejabat Struktural, Staff KPLP, Staff Adm. Kamtib dan dari Regu Puma. Kamar yang digeledah mulai dari Blok A kamar 10, A kamar 11, A kamar 18, Blok BA kamar 8, BA kamar 11 dan Blok BB kamar 8.

Ardian mengatakan, bahwa kegiatan ini bersifat rutin sebagai implementasi perintah DirjenPAS “3 Kunci Pemasyarakatan Maju + 1 Back to Basic”. Juga sebagai langkah preventif pencegahan gangguan keamanan dan ketertiban serta mencegah beredarnya barang-barang terlarang dan berbahaya di dalam Lapas.

Baca Juga:  Cek Kesiapan Akhir Pengamanan Pemilu 2024, Polres Torut Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata 2023 - 2024

“Kita lakukan penggeledahan dari jam 20.00 sampai jam 01.00 dini hari. Dari hasil ini, handphone dan narkoba nihil. Kami hanya menemukan barang lain, yakni 7 buah Korek Gas, 3 buah sajam modifikasi, 2 buah gunting, 1 buah sendok stainles, 7 kabel modifikasi, 2 buah pemotong kuku dan 5 buah paku,” jelas Kalapas, Jumat(27/1/2023).

Selain melakukan penggeledahan, Petugas juga memeriksa sanitasi dan kelistrikan di setiap kamar. Dengan harapan warga binaan dapat merasa nyaman dengan kondisi sanitasi air yang lancar dan instalasi listrik yang normal.

“Kami juga mengecek instalasi listrik dan sanitasi air. Kami tidak menemukan adanya instalasi ilegal yang menyebabkan kebakaran. Waktu kita cek, sanitasi air juga lancar. Hal ini penting karena Blok B merupakan Blok dengan kamar hunian terbanyak,” tambahnya.

Pihaknya menyebut, selain penggeledahan rutin, banyak hal yang sudah dilakukan oleh Petugas Lapas Pemuda Madiun untuk mencegah masuknya barang-barang terlarang. Terutama dengan meningkatkan pengamanan dan kewaspadaan saat kontrol keliling (Troling).

Baca Juga:  Kapolres Bogor Hadiri Upacara Peringatan Hari Santri Nasional di Lapangan Beriman Kabupaten Bogor

“Pada awal bulan Januari 2023, Petugas sudah dua kali berhasil menggagalkan hp yang akan dimasukkan kedalam Lapas dengan cara di lempar. Kejadiannya sama-sama di hari Minggu, 1 Januari 2023 dan Minggu, 8 Januari 2023,” tuturnya.

Dirinya akan menindak tegas jika menemukan pelanggaran tata tertib yang ada di dalam Lapas. Bahkan, jika ada oknum yang terlibat.

“Kita akan menindak segala sesuatu pelanggaran tata tertib. Jika dimungkinan ada oknum dibalik pelanggaran yang kami temukan, akan kami tindak tegas. Bahkan kita usulkan untuk dilakukan pembinaan di Kantor Wilayah,” pungkasnya. (Humas Lapas Pemuda Madiun)

Leave A Reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Linda Barbara

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vestibulum imperdiet massa at dignissim gravida. Vivamus vestibulum odio eget eros accumsan, ut dignissim sapien gravida. Vivamus eu sem vitae dui.

Recent posts