BerandaDIYIbu Iriana dan Anggota OASE KIM Kunjungi Kampung Sentra Bakpia Pathuk

Ibu Iriana dan Anggota OASE KIM Kunjungi Kampung Sentra Bakpia Pathuk

Author

Date

Category

Yogyakarta, (MGA) – Ibu Iriana Joko Widodo dan Ibu Wury Ma’ruf Amin, beserta para anggota OASE KIM meninjau sentra pembuatan bakpia di Kampung Sentra Bakpia Pathuk, Kota Yogyakarta. Ibu Iriana, Ibu Wury, beserta rombongan memilih menuju kampung bakpia dengan menaiki becak dari Pasar Beringharjo pada Selasa siang, 31 Januari 2023.

Setibanya di sana, Ibu Iriana, Ibu Wury, dan anggota OASE KIM langsung berjalan menyusuri gang kampung yang dipenuhi dengan para pelaku usaha bakpia. Sembari berjalan, Ibu Iriana dan Ibu Wury menyapa para pelaku usaha serta melihat proses produksi yang sedang berlangsung seperti pengisian isian bakpia ke dalam kulit.

Baca Juga:  Penyuluh Agama Kristen Audensi ke Kementerian Agama Kabupaten Bantul

Pada kesempatan terpisah, salah satu pelaku usaha bakpia yang sekaligus merupakan Ketua Koperasi Sumekar, Sumiyati, menjelaskan bahwa para pelaku usaha di kampung sentra bakpia pathuk tergabung dalam satu kelompok koperasi. Melalui koperasi ini, kata Sumiyati, para pelaku usaha bakpia mendapatkan banyak kemudahan salah satunya dalam perizinan.

“Jadi untuk perizinan-perizinan kita dipermudah dari pemerintah daerah, pemerintah kota maupun secara nasional pemerintah pusat,” ucap Sumiyati.

Selain itu, Sumiyati menuturkan bahwa para pelaku usaha bakpia juga mendapatkan pelatihan dari dinas terkait maupun dari pihak swasta. Menurutnya, pelatihan yang didapatkan bermanfaat bagi pengembangan usaha bakpia.

Baca Juga:  Apresiasi Pewarna Indonesia, Memperjuangkan Kesetaraan Dan Terus Merawat Keberagaman

“Ada dari Dinas Perindustrian, Dinas UMKM, Dinas Perdagangan, Dinas Koperasi itu kita semua mendapatkan istilahnya bantuan maupun pelatihan-pelatihan yang sangat berguna sekali,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Sumiyati berharap kelompok koperasi tersebut dapat menjadi wadah untuk merekatkan kebersamaan dalam mengembangkan usaha bakpia yang dikelola bersama-sama. Ia juga berharap kesejahteraan para pelaku usaha bakpia dapat terus meningkat.

“Dengan adanya koperasi, dengan adanya usaha bersama-sama kita mengelola suatu usaha yang sama, harapannya kita ingin terus maju, berkembang, dan teman-teman dapat merasakan hasil dari kerjanya itu makin baik,” katanya.

Sumber:
Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden

Leave A Reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Linda Barbara

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vestibulum imperdiet massa at dignissim gravida. Vivamus vestibulum odio eget eros accumsan, ut dignissim sapien gravida. Vivamus eu sem vitae dui.

Recent posts