BerandaLampungInilah Sosok Profil Tomsi Tohir,Jenderal Bintang Tiga di Bursa Calon Pj Gubernur...

Inilah Sosok Profil Tomsi Tohir,Jenderal Bintang Tiga di Bursa Calon Pj Gubernur Lampung 2023

Author

Date

Category

Lampung, Jurnaliswarga.id – Tomsi Tohir  disebut-sebut punya potensi menduduki kursi Penjabat atau Pj Gubernur Lampung.Calon Pj Gubernur Lampung itu diantaranya ada yang berasal dari Kementerian Dalam Negeri, institusi Polri, institusi DPD RI hingga ASN Pemprov Lampung.

Nah, satu diantara sekian nama yang disebut-sebut berpotensi jadi Pj Gubernur Lampung adalah Komisaris Jenderal Polisi atau Komjen Tomsi Tohir Balaw.

Inilah Sosok Profil Tomsi Tohir,Jenderal Bintang Tiga di Bursa Calon Pj Gubernur Lampung 2023

Tomsi Tohir merupakan salah satu putra Lampung yang memiliki karir cemerlang di level nasional.

Jenderal Bintang Tiga kelahiran Bandar Lampung itu kini bertugas di luar struktur Polri.

Sejak tahun 2022, Tomsi Tohir dipercaya menjabat sebagai Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri atau Kemendagri RI.

Tomsi Tohir merupakan Alumni Akademi Kepolisian atau Akpol 1990. Pada tahun 2004, Tomsi memegang jabatan sebagai Kasatresmob Polda Metro Jaya.

Kala itu Kapolda Metro Jaya dijabat oleh Irjen Firman Gani, yang juga salah satu putra Lampung dengan sederet prestasi di pentas nasional.

Salah satunya, Firman Gani dikenal sebagai penggagas Detasemen Khusus 88 atau Densus 88 Antiteror Polri.

Densus 88 Antiteror diresmikan Firman Gani pada 26 Agustus 2004.

Baca Juga:  Pertumbuhan Ekonomi Sumsel 5,08 % TW 3 Tahun 2023, Lebih Tinggi Dari Nasional dan Tertinggi di Sumatera

Komandan pertama Densus 88 adalah AKBP Tito Karnavian, kelak menjadi Kapolri dan kini menjabat Menteri Dalam Negeri RI.

Karir di Polda Metro Jaya dilakoni Tomsi Tohir hingga pada 2007 dirinya ditunjuk sebagai Kapolres Pamekasan, Jawa Timur.

Kemudian pada tahun 2009, Tomsi menjabat Kapolres Jombang Jawa Timur.

Setelah itu Tomsi pernah menjabat sebagai Wakapolrestabes Surabaya dan Kabid Propam Polda Jawa Timur di tahun 2010 dan 2011.

Pada 2014, Tomsi masuk Mabes Polri dan menjabat sebagai Anjak Bidang Jemen Ops Itwasum Polri.

Kemudian pada 2016, Tomsi sempat menjabat Dirreskrimsus Polda Sumsel.

Namun ditahun yang sama Tomsi ditarik kembali ke mabes Polri dengan memegang jabatan Sesropaminal Divpropam Polri

Karir Tomsi semakin cemerlang kala 2018 dirinya dipercaya menjabat sebagai Kapolda Banten. Pada 2019 Tomsi menduduki kursi Kapolda Nusa Tenggara Barat.

Sempat menduduki jabatan Sahlisospol Kapolri di tahun 2020, Tomsi Tohir kemudian ditugaskan diluar struktur Polri sebagai Irjen Kemendagri pada tahun 2022.

Penempatan Tomsi Tohir di Kemendagri tertuang dalam surat telegram ST/2775/XII/KEP/2022.

Baca Juga:  Anggota DPR RI Mukhlis Basri Mengapresiasi Kapolres Lampung Barat, Ungkap Kasus Dengan Cepat 2023

Tomsi dimutasi sebagai perwira tinggi atau pati Bareskrim Polri di Kementerian Dalam Negeri. Pangkat Tomsi kemudian naik menjadi Komisari Jenderal atau jenderal bintang tiga.

Sementara, jabatan Sahlisospol kapolri yang ditinggalkan Tomsi diisi oleh Irjen Rudi Setiawan, perwira tinggi Polri yang juga berasal dari Lampung.

Kepala Pusat Penerangan atau Kapuspen Kemendagri Benni Irwan sebelumnya menyatakan nanti jumlah total usulan Pj. Gubernur ada enam. Masing-masing dari DPRD dan Kemendagri. Sementara, jabatan Sahlisospol kapolri yang ditinggalkan Tomsi diisi oleh Irjen Rudi Setiawan, perwira tinggi Polri yang juga berasal dari Lampung.

Kepala Pusat Penerangan atau Kapuspen Kemendagri Benni Irwan sebelumnya menyatakan nanti jumlah total usulan Pj. Gubernur ada enam. Masing-masing dari DPRD dan Kemendagri.

“Total ada enam usulannya. Paling lambat itu 30 hari sebelum akhir masa jabatannya sudah bersurat ke kami karena Kemendagri juga perlu waktu dan tahapan,” kata Benni.

Mengenai nama-nama yang berpeluang, ditegaskan Benni harus sesuai dengan regulasi yang ada. Yakni jabatan ASN dengan JPT Madya baik itu di lingkungan pemprov maupun di pemerintah pusat. (yn)

Leave A Reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Linda Barbara

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vestibulum imperdiet massa at dignissim gravida. Vivamus vestibulum odio eget eros accumsan, ut dignissim sapien gravida. Vivamus eu sem vitae dui.

Recent posts