BerandaBaliPresiden Jokowi Bersama Pelajar Buleleng Resmikan Bendungan Danu Kerthi, Bali

Presiden Jokowi Bersama Pelajar Buleleng Resmikan Bendungan Danu Kerthi, Bali

Author

Date

Category

Bali, (MGA) – Presiden Joko Widodo bersama siswa/siswi SD/SMP/SMA di Buleleng didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meresmikan Bendungan Tamblang di Kab Buleleng, Bali, Kamis (2/2/2023).

Kehadiran ratusan pelajar ini merupakan upaya edukasi kepada generasi muda akan pentingnya bendungan sebagai sarana dan prasarana pengelolaan air.

Bendungan Tamblang secara resmi diusulkan oleh Gubernur Bali Wayan Koster untuk berubah nama menjadi Bendungan Danu Kerthi dengan harapan bendungan ini menjadi infrastruktur yang dapat menjaga keberlanjutan sumber air di Kab Buleleng.

Baca Juga:  Kapolres Palopo Pimpin Analisa Dan Evaluasi (Anev) Minggu Pertama Di Bulan Agustus

Satu keunggulan Bendungan Danu Kerthi dari bendungan lain adalah inti bendungan menggunakan teknologi aspal yang menjadi pertama dibangun di Indonesia (Asphalt Core Concrete Embankment Dam – ACCED).

“Kapasitas tampung bendungan ini 5,1 juta m3 dan luas genangannya kurang lebih 29,8 hektare yang ini akan mengairi sawah 588 hektare. Jadi bendungan ini dipakai untuk irigasi sawah dan untuk mengurangi banjir,” kata Presiden Jokowi.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Lakukan Pertemuan Bilateral dengan Presiden Komisi Eropa

Menteri Basuki menambahkan selain dalam rangka meningkatkan produktivitas pertanian, Bendungan Danu Kerthi juga memiliki potensi air baku, energi, pengendalian banjir, dan pariwisata yang akan menumbuhkan ekonomi lokal.

Turut hadir dalam peresmian Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto, Gubernur Bali I Wayan Koster, dan Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana.(Red)

Leave A Reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Linda Barbara

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vestibulum imperdiet massa at dignissim gravida. Vivamus vestibulum odio eget eros accumsan, ut dignissim sapien gravida. Vivamus eu sem vitae dui.

Recent posts