BerandaKepolisianBerikan Bekal Dan Pamahaman Menghadapi Situasi Pemilu 2024, Polres Torut Gelar Latpra...

Berikan Bekal Dan Pamahaman Menghadapi Situasi Pemilu 2024, Polres Torut Gelar Latpra Ops Mantap Brata 2023-2024

Author

Date

Category

JURNALISWARGA.ID | TORUT – Sebagaimana Diketahui, Tahapan Pemilu 2024 sudah mulai Berjalan. Berbagai Langkah dan Upaya Strategis telah dilakukan oleh Jajaran Kepolisian Resor Toraja Utara (Polres Torut) untuk mewujudkan Situasi tetap Aman dan Kondusif.

Sebagai Bentuk Persiapan dalam menghadapi Pemilu 2024, Polres Torut menggelar Latihan Pra Operasi (Latpra Ops) Mantap Brata 2023-2024 yang diikuti oleh Segenap Personel yang terlibat dalam pelaksanaan Operasi.

Dengan mengangkat Tema : “Melalui Latpra Operasi Kepolisian Terpusat 2023, Polres Torut Siap Melaksanakan Pengamanan Pemilu 2024”, Kegiatan tersebut digelar di Aula Polres Torut di Buka Langsung oleh Wakapolres Torut KOMPOL Marthen Buttu mewakili Kapolres Torut AKBP Zulanda, S.IK., M.Si, Kamis (12/10/2023).

Dalam Sambutannya, Wakapolres Torut KOMPOL Marthen Buttu menegaskan bahwa Latpra Ops ini digelar agar seluruh Personel mempunyai Bekal, Pemahaman serta Persepsi dan Cara Bertindak yang sama dalam menghadapi Situasi maupun Kondisi Pemilu Nanti.

Baca Juga:  Polres Konut dan Polsek Jajaran Melaksanakan Giat Baksos, Bakkes Dan Penanaman Pohon.

“Pemilu sudah di Depan Mata, Segala sesuatunya harus dipersiapkan dari Sekarang. Salah satu Indikator Keberhasilan Pemilu adalah Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) yang Kondusif dimana Kita turut andil didalamnya, Kita harus memiliki Wawasan lebih terkait dengan Regulasi Pemilu 2024,” Jelasnya.

Terkait dengan Kerawanan, Wakapolres Torut menuturkan bahwa Era Digital seperti saat ini cukup membawa Pengaruh Signifikan terhadap Dinamika Politik dan Kamtibmas. Berkaca pada Pemilu Sebelumnya, Keberadaan Media Sosial (Medsos) di Nilai menjadi Salah satu Alternatif dalam meraup Konstituen. Namun di Balik itu, Kampanye Hitam, Berita Hoax dan Saling Menjatuhkan dapat berimbas pada Konflik Terbuka di Dunia Nyata.

Tak Ketinggalan, Pihaknya juga kembali mengingatkan sebagai Anggota Polri di Larang Keras terlibat dalam Politik Praktis maupun Aksi Dukung Mendukung terhadap Calon atau Kelompok Tertentu. Pihaknya menekankan agar Anggota Bersikap Netral dan Tidak Memihak.

Baca Juga:  Danrem 143/HO Pimpin Langsung Keberangkatan Personel TNI Dalam Rangka Pengamanan Kunjungan Kerja Presiden RI Di Kabupaten Wakatobi

“Harus Tegak Lurus, Merah Putih, Tidak Ada Keberpihakan. Dari Sekarang dan Selanjutnya,” Tegasnya.

Sementara itu, Kabagops Polres Torut KOMPOL Marthen Tangallo selaku Karendalops Mantap Brata 2023-2024 mengungkapkan bahwa Latpra Operasi Kepolisian Terpusat ini dilaksanakan selama 222 Hari meliputi Persiapan Penetapan Calon Presiden, Kampanye hingga Pengucapan Sumpah dan Janji.

“Total Personel yang akan Kita libatkan dalam Operasi ini terdiri dari Polri, TNI, Satpol dan Linmas. Pelibatannya sebanyak 2/3 Perkuatan dari Masing-masing Instansi,” Terangnya.

Dari Jajaran Polres Torut Sendiri, Keseluruhan Personel yang terlibat dibagi dalam beberapa Satuan Tugas (Satgas) antara lain Satgas Deteksi, Preventif, Kamseltibcar Lantas, Gakkum, Humas dan Banops.

“Harapan Kita, Pelaksanaan Pemilu ke Depan dapat Berjalan Tertib dan Lancar selaras dengan Kondisi Kamtibmas yang Aman, Sejuk, Damai dan Kondusif,” Harap dan Tutupnya.

Sumber : Humas Polres Toraja Utara.

Laporan/Editor : Muhammad Irwansyah (Wartawan Muda PWI Angkatan Ke-26).

Leave A Reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Linda Barbara

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vestibulum imperdiet massa at dignissim gravida. Vivamus vestibulum odio eget eros accumsan, ut dignissim sapien gravida. Vivamus eu sem vitae dui.

Recent posts