BerandaDesa / KelurahanPemda Konut Buka Kegiatan Musrenbang, H. Ruksamin Paparkan Pencapaian Program Di Tahun...

Pemda Konut Buka Kegiatan Musrenbang, H. Ruksamin Paparkan Pencapaian Program Di Tahun 2022 Dan Yang Akan Dilakukan Tahun 2023

Author

Date

Category

Jurnaliswarga.id | KONUT – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Kabupaten Konawe Utara dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2024, hari ini Rabu (08/02/2023) resmi di gelar.

Hari ini seperti yang telah dijadwalkan, Kecamatan Motui dan Kecamatan Sawa yang akan menjadi tempat Musrenbang tingkat Kecamatan ini. Dengan mengusung tema ”Pemantapan Daya Saing Daerah Dan Peningkatan Produktivitas Untuk Pertumbuhan Berkualitas”.

Kegiatan Musrenbang ini diharapkan pada Tahun 2024 Peningkatan Produktivitas Pertumbuhan Perekonomian Daerah dapat berakselerasi dan tumbuh dengan baik sehingga mempercepat terwujudnya Kesejahteraan Masyarakat serta Daya Saing Daerah juga semakin meningkat.

Terlihat hadir dalam Kegiatan tersebut yaitu Bupati Konut Dr. Ir. H. Ruksamin, ST., M.Si., IPU., ASEAN. Eng, Wakil Bupati Konut H. Abu Haera, S.Sos., M.Si, Jajaran Forkopimda, Asisten/Staf Ahli, Para Kepala OPD diantaranya Kepala Dinas Kominfo Drs. Suharto K. Panto, Kepala Bappeda Ir. LD. Muhaimin, ST., M.P.W serta para Kepala OPD lainnya Lingkup Pemda Konut.

Sebagai Tuan Rumah, juga terlihat hadir Camat Motui beserta para Kepala Lurah/Desa, Perangkat Desa, dan Tokoh Masyarakat di Kec. Motui untuk mengkoordinasikan Program apa saja yang akan dilaksanakan di Wilayah yang dipimpinnya.

Musrenbang Kecamatan merupakan rangkaian dari proses penyusunan RKPD Tahun 2024 sebagai Penjabaran Tahun Ketiga dari Rencana Program Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Konut 2021 – 2026.

Musrenbang ini dilaksanakan berjenjang secara Partisipatif mulai dari tingkat Desa/Kelurahan, Kecamatan sampai dengan tingkat Kabupaten, sebagai Bahan Masukan kepada Pemerintah Daerah, dengan Tujuan untuk mendapatkan Keselarasan antara Rancangan Awal RKPD serta menjaring Aspirasi dan Kebutuhan Masyarakat sesuai Potensi dan Permasalahan yang dihadapi guna Menyelesaikan berbagai Permasalahan dan Mengoptimalkan Hasil Pembangunan di Wilayah Masing-masing.

Baca Juga:  Sertijab Komandan Batalyon Infanteri 725/Woroagi, Pengganti Dijabat Putra Asli Sultra

”Musrenbang ini adalah Forum Silaturrahim untuk Kita selaraskan antara Aspirasi yang ada di Desa, Kecamatan maupun yang ada di Kabupaten, jangan ada kesan Kepala Desa membangun dengan sendirinya dengan Dana Desanya, begitu juga Kecamatan, dan begitu pula Kabupaten. Saya sudah menyiapkan beberapa Program Kerja untuk di Kec. Motui, tetapi Saya juga meminta dari Kepala Desa untuk juga memberi Program agar bisa Kita Sinkronkan, Kita Selaraskan,” Ungkap H. Ruksamin dalam Sambutannya.

H. Ruksamin menyadari Tantangan ke depan akan semakin berat, diantaranya Ancaman Inflasi, Kemiskinan Ekstrim dan Stunting. Untuk itu, sebagai Pimpinan Tertinggi di Kab. Konawe Utara mengajak seluruh Pihak untuk Bekerja Sama melewati semua Tantangan itu.

”Saya sudah Mengantongi Data terkait Jumlah Stunting, Kemiskinan Ekstrim, jadi Saya minta kepada Dinas terkait untuk turun bersama kepala Desa memverifikasi Data tersebut di Lapangan, mana itu Stunting, mana itu Kemiskinan Ekstrim, kalau bisa Kita Nol kan, Kita Nol kan. Jangan hanya karena Kita berbeda pilihan, Urusan Masyarakat dikesampingkan, berdosa Saya Ruksamin jika tidak mengurus Masyarakat Saya,” Tegas H. Ruksamin.

Dalam Sambutannya pula, H. Ruksamin sedikit memaparkan Program Kerja yang telah dilakukan hanya untuk Kecamatan Motui, yang mana Pemerintah Daerah telah menggelontorkan Dana sekitar kurang lebih Rp. 10.000.000.000,- (Sepuluh Miliar) untuk membangun sarana Fasilitas Umum diantaranya Pembangunan Jalan, Irigasi, Pembangunan Fasilitas Kesehatan, Fasilitas Pendidikan, Fasilitas Olahraga bahkan Pemberian Bantuan kepada Masyarakat melalui Beasiswa dan Jaminan Kesehatan.

Di Akhir Acara Bupati Konut didampingi Kepala Dinas Sosial Nafsahu, S.Sos membagikan Bantuan bagi Penyandang Disabilitas berupa Kursi Roda dan Alat Bantu Dengar.

Baca Juga:  Menteri Basuki Terima Kunjungan Delegasi Turki, Bahas Potensi Kerja Sama pada Sektor Jalan Tol dan Perumahan

Setelah semua selesai, Bupati Konut H. Ruksamin langsung bertolak menuju Lokasi berikutnya yaitu Kec. Sawa dengan Agenda yang sama untuk melaksanakan Musrembang.

Kec. Sawa yang Kaya akan Potensi Pariwisatanya mengadakan Musrenbang di Area Pantai Laut Biru, Desa Laimeo. Berbagai macam Ide Kreatif dituangkan dalam mendukung Pembangunan Daerah. Sebagai Pimpinan Tertinggi, H. Ruksamin menekankan agar Program Kerja yang diusulkan dapat Mendukung dalam Peningkatan Potensi yang ada di Kec. Sawa.

Bupati Konut menekankan agar Pembangunan Tanggul Penahan Abrasi yang sudah di Bangun untuk lebih di Percantik lagi.

”Dinas BPBD yang menangani Hal ini Saya minta agar Pembangunan Tanggul Penahan Abrasi tidak sampai disini. Buat lebih baik lagi agar dapat menjadi Objek Wisata Baru yang dapat dikunjungi di Kab. Konut,” Tegas H. Ruksamin dalam Sambutannya.

Di Kec. Sawa juga Pemerintah Daerah Kab. Konut kembali membagikan Bantuan kepada Penyandang Disabilitas, ditambahkan dengan Penyerahan Sertifikat Tanah kepada Masyarakat dan Penyerahan Bantuan 1 (satu) Unit Mobil Ambulance untuk Puskesmas Sawa.

”Hari ini, Saya juga akan Memberikan 1 (satu) Unit Mobil Ambulance untuk Masyarakat Kec. Sawa. Saya harap dapat digunakan dengan baik, memberikan Pelayanan Kesehatan terbaik kepada Masyarakat,” Ungkapnya.

H. Ruksamin mengungkapkan semua Pembangunan yang dilakukan semata-mata untuk Memberikan Kesejahteraan dan Pelayanan kepada Masyarakat. Sebagai Pimpinan, H. Ruksamin pula menyadari Peran penting Perangkat yang ada di Desa sebagai Perpanjangan Tangan Pemerintah Daerah yang bersentuhan Langsung dengan Masyarakat. Untuk itu, H. Ruksamin sudah melakukan berbagai Mekanisme bersama DPRD untuk Nenaikan Honor bagi Kepala Desa beserta Seluruh Jajarannya.

Jurnalis/Editor : Muhammad Irwansyah (Wartawan Muda PWI Angkatan Ke-26).

Sumber : Pemda Kab. Konut Konasara.

Leave A Reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Linda Barbara

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vestibulum imperdiet massa at dignissim gravida. Vivamus vestibulum odio eget eros accumsan, ut dignissim sapien gravida. Vivamus eu sem vitae dui.

Recent posts