BerandaInternasionalRaja Maroko Resmikan CMC Rabat-Salé-Kenitra, Fasilitas Pelatihan Kejuruan Generasi Baru Menuju Unggul...

Raja Maroko Resmikan CMC Rabat-Salé-Kenitra, Fasilitas Pelatihan Kejuruan Generasi Baru Menuju Unggul dan Inovasi 2023

Author

Date

Category

Rabat, (Citizen Journalist) – Raja Maroko Mohammed VI meresmikan ”Cité des Métiers et des Compétences (CMC, City of Trades and Skills)” untuk wilayah Rabat-Salé-Kénitra pada Selasa (30/5/2023) di kota Tamesna, fasilitas pelatihan kejuruan generasi baru didedikasikan untuk keunggulan dan inovasi.

CMC Rabat-Salé-Kénitra adalah bagian dari program keseluruhan untuk membangun 12 CMC di berbagai wilayah Kerajaan, dengan perkiraan total investasi 4,4 miliar dirham. Ini mencerminkan kepentingan khusus pemerintah di sektor pelatihan kejuruan sebagai pengungkit strategis untuk daya saing ekonomi dan jalan yang menjanjikan untuk integrasi profesional kaum muda, dikutip mapnews.

Raja Maroko Resmikan CMC Rabat-Salé-Kenitra, Fasilitas Pelatihan Kejuruan Generasi Baru Menuju Unggul dan Inovasi 2023Itu dilakukan oleh Kantor Pelatihan Kejuruan dan Promosi Ketenagakerjaan (OFPPT) sesuai dengan arahan kerajaan dan peta jalan baru untuk pengembangan pelatihan kejuruan, yang menetapkan kriteria materi, pedagogis dan manajemen baru untuk memastikan kualitas pelatihan dan konvergensi tertentu antara pelatihan yang diberikan dan kebutuhan riil pasar tenaga kerja.

Untuk memenuhi misinya, Cité des Métiers et des Compétences dilengkapi dengan ruang kelas dan tempat tinggal yang menjamin pengembangan keterampilan teknis dan multidisiplin serta pengembangan pribadi para peserta pelatihan.

Faktanya, CMC adalah rumah bagi 6 pusat sektoral yang didedikasikan untuk perolehan keterampilan bisnis, dengan 6 platform aplikasi terintegrasi untuk pelatihan imersif berdasarkan “belajar sambil melakukan”, yang memungkinkan simulasi kompleks yang mendekati realitas bisnis dilakukan selama proses pembelajaran.

Ini adalah kasus klaster Industri, yang dirancang sebagai pabrik pendidikan, yang menawarkan keuntungan untuk menempatkan sekitar sepuluh spesialisasi berbeda di bidang QHSE, teknik industri, kelistrikan, mekanik, dan otomotif.

Klaster ini juga mencakup jalur produksi mini untuk stasiun pengisian kendaraan listrik, platform aplikasi berskala penuh yang produksi dan pemeliharaannya dikelola oleh tim peserta pelatihan multidisiplin dari berbagai spesialisasi klaster.

Baca Juga:  Pantau Langsung Pencarian Mahasiswi IPB di Dadali, Atang Beri Dukungan Moril Kepada Tim SAR dan Kerabat Korban

Cité des Métiers et des Compétences juga merupakan rumah bagi klaster Pariwisata & Perhotelan dengan hotel dan restoran pelatihan yang disesuaikan dengan kondisi kerja nyata, klaster Pertanian dengan peternakan pelatihan, klaster Manajemen & Perdagangan dengan perusahaan simulasi virtual, klaster Personal dan Klaster Pengabdian Masyarakat dengan pembibitan pelatihan dan perumahan, serta klaster Digital dan Kecerdasan Buatan.

CMC juga menampilkan sejumlah struktur bersama, termasuk Pusat Bahasa dan Keterampilan Lunak, Pusat Bimbingan Karir, Rantai Inovasi (Rekan Kerja, FabLab, Pabrik Digital dan Inkubator), MOOC Studio untuk mendukung integrasi pembelajaran digital melalui produksi konten digital untuk pelatihan, Perpustakaan Media dan Pusat Konferensi.

Dalam hal tempat tinggal, Cité yang baru mencakup kampus magang dengan kapasitas 700 tempat tidur dan asrama, kafetaria, serambi, beberapa area pertemuan, dan lapangan olahraga (sepak bola, bola voli, bola tangan, dan bola basket).

Dibangun di atas lahan seluas 10 hektar, CMC Rabat-Salé-Kenitra akan semakin memperkaya dan memperkuat fasilitas pelatihan OFPPT di wilayah tersebut, berkat kapasitas tahunan 3.560 tempat pelatihan, yang akan ditingkatkan menjadi 4.560 tahun depan, berkat dua cabang yang melekat pada Cité, yaitu Institut de Formation dans les Métiers de la Santé di Rabat (sedang dibangun dengan kapasitas 560 tempat/tahun) dan Institut de Formation dans les Métiers de l’Agro-Industrie di Kénitra (proyek dengan kapasitas 440 tempat/tahun).

Baca Juga:  Dari Seoul, Megawati Kembali ke Tanah Air

Pelatihan yang ditawarkan oleh Cité des Métiers et des Compétences dengan demikian mencakup 8 perdagangan, termasuk 4 perdagangan baru, yang dipilih untuk mencerminkan kekhususan struktur ekonomi regional.

Ini akan menawarkan 105 kursus pelatihan, termasuk 80 kursus baru dan 25 kursus yang direstrukturisasi dan diperbarui. Tawaran yang beragam ini ditujukan untuk profesi baru. Keluarga profesional utama yang dipilih adalah di sektor berikut: Digital & Artificial Intelligence (22 program), Kesehatan (15 program), Pertanian (14 program), Pariwisata & Perhotelan (13 program), Manajemen & Perdagangan (13 program), Industri ( 11 kursus), Makanan & Minuman (11 kursus) dan Layanan Pribadi & Komunitas (6 kursus).

Selain kursus diploma di tingkat Teknisi Khusus, Teknisi dan Kualifikasi, peta pelatihan CMC Rabat-Salé-Kenitra juga akan menawarkan kursus kualifikasi singkat, yang akan memungkinkan peserta pelatihan memperoleh atau memperdalam keterampilan khusus dan memperoleh sertifikat pelatihan.

Peserta pelatihan CMC juga akan mendapat manfaat dari sistem gateway untuk meningkatkan prospek karir mereka.

Hasil kemitraan antara OFPPT, Dana Hassan II untuk Pembangunan Ekonomi dan Sosial dan Dewan Regional Rabat-SaléKénitra, proyek ini membutuhkan perkiraan investasi sebesar 380 MDH. Anggaran ini tidak termasuk biaya dua lembaga yang berspesialisasi dalam kesehatan dan perdagangan agroindustri yang melekat pada kota baru tersebut.

Rabat-Salé-Kenitra CMC adalah Cité des Métiers et des Compétences ke-4 yang membuka pintunya bagi kaum muda dalam pelatihan, setelah mereka di Souss-Massa, Oriental dan Laâyoune-Sakia-El Hamra, yang akan memulai pelatihan mereka antara bulan Oktober dan November 2022. (Red)

Leave A Reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Linda Barbara

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vestibulum imperdiet massa at dignissim gravida. Vivamus vestibulum odio eget eros accumsan, ut dignissim sapien gravida. Vivamus eu sem vitae dui.

Recent posts