BerandaBogorTim PPK Ormawa Himasiter Laksanakan Lokakarya 1 Paparkan Rencana Program Kerja Pengabdian...

Tim PPK Ormawa Himasiter Laksanakan Lokakarya 1 Paparkan Rencana Program Kerja Pengabdian Masyarakat di Desa Sinarsari

Author

Date

Category

IPB, Jurnaliswarga.id – Tim PPK Ormawa HIMASITER 2023 melaksanakan kegiatan lokakarya 1 dan paparkan program program pengabdian masyarakat yang akan dilaksanakan di Desa Sinarsari, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Kamis (06/7).

Kegiatan lokakarya dilaksanakan di Gedung Serbaguna Desa Sinarsari, Kecamatan Dramaga yang dihadiri oleh masyarakat desa, pemerintah desa, mitra kegiatan, dan perwakilan dosen.

Program Penguatan Kapasitas Ormawa (PPKo) merupakan pelaksanaan program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang diinisiasi oleh organisasi kemahasiswaan. PPK Ormawa HIMASITER membawakan program yang berjudul “Estungkara Village: Pemberdayaan Masyarakat Desa Sinarsari dengan Menerapkan 5 Pilar Desa Cerdas Melalui Program “Hayuk”.

Tim PPK Ormawa Himasiter Laksanakan Lokakarya 1 Paparkan Rencana Program Kerja Pengabdian Masyarakat di Desa Sinarsari

Tim PPKo Himasiter mengambil tema Desa Cerdas dengan 5 fokus utama yaitu Pendidikan (Hayuk Maca) bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui pembuatan pojok baca dan pengembangan soft skills siswa dan pemuda desa, Ekonomi (Hayuk Necis) yang merupakan program pembinaan UMKM yang bertujuan untuk memberikan sosialisasi entrepreneurship, pembuatan logo produk, surat izin edar, media pemasaran atau iklan di media sosial, penjualan secara online melalui e-commerce, penyuluhan penggunaan tata kelola aplikasi.

Baca Juga:  Pembekalan Kelompok Tani Nelayan Andalan Desa Purwasari,Dalam Program Ketahanan Pangan

Selanjutnya Kesehatan (Hayuk Sehat) yang bertujuan menjadi prasarana kesehatan masyarakat umum melalui beberapa kegiatan berupa penanaman 4 tanaman obat dan keluarga yang berkolaborasi dengan KWT untuk memperlancar kegiatan yang meliputi pembuatan jamu dan pembuatan bekal bergizi untuk mengurangi tingkat kekurangan gizi, Lingkungan (Hayuk Resik) bertujuan menciptakan lingkungan yang bersih, nyaman dan aman serta meningkatkan kesadaran warga terhadap kebersihan lingkungan.

Kegiatan tersebut berupa pengolahan sampah, pembuatan ecobrick dan eco enzym serta kegiatan gotong royong (Jumat bersih bersama) dan Peternakan (Hayuk Tadu) merupakan kegiatan di sektor peternakan melalui kegiatan pengenalan teknologi dalam peternakan, pembuatan pakan mandiri, pembuatan pupuk organic granula dengan memanfaatkan limbah feses ternak serta penerapan manajemen produksi.

Baca Juga:  Rapat Komisi IV Dengan Disdik, DPRD Berikan Catatan Perbaikan Pelaksanaan PPDB

Kegiatan Lokakarya 1 ini disambut baik oleh pemerintah Desa Sinarsari, masyarakat dan mitra yang terlibat dalam kegiatan PPKo Himasiter. “Kami sangat menyambut kegiatan dari adik-adik mahasiswa.

Kegiatan yang dibawakan sangat menarik dan membantu masyarakat. Kegiatan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Semoga kegiatan bisa terus berlangsung dan masyarakat turut aktif dalam kegiatan,” Bapak Acim selaku Perwakilan Pemerintah Desa. Kegiatan lokakarya ini diadakan untuk mengenalkan program pengabdian secara langsung dan menarik minat masyarakat untuk mengikuti kegiatan ini.

Dengan program ini diharapkan mampu menambah keterampilan masyarakat dan mampu meningkatkan kapasitas kemampuan mahasiswa yang aktif di ormawa.
Setelah melaksanakan Lokakarya 1 ini tim PPKo Himasiter akan diberikan materi-materi upgrading guna peningkatan kemampuan tim dalam melaksanakan program yang akan difasilitasi oleh Ormawa Himasiter dan berkomitmen penuh untuk mendukung pelaksanaan program pengabdian masyarakat di Desa Sinarsari.(Red/Nr)

Leave A Reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Linda Barbara

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vestibulum imperdiet massa at dignissim gravida. Vivamus vestibulum odio eget eros accumsan, ut dignissim sapien gravida. Vivamus eu sem vitae dui.

Recent posts