BerandaKendariKadin Indonesia Dan Kadin Sultra Berdiskusi Tentang Peluang Bisnis Karbon Di Provinsi...

Kadin Indonesia Dan Kadin Sultra Berdiskusi Tentang Peluang Bisnis Karbon Di Provinsi Sulawesi Tenggara

Author

Date

Category

KENDARI, SULTRA (JW)Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia melalui Bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan mendorong Pengusaha di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk Mengembangkan Bisnis Karbon.

Hal itu disampaikan langsung oleh Wakil Ketua Umum Bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kadin Indonesia Silverius Oscar Unggul kepada Awak Media Jurnaliswarga.id seusai mengikuti Diskusi Potensi Komoditas Hutan dan Multi Usaha Kehutanan bersama Kadin Sultra bertempat di Aula Kadin Sultra, Jalan Brigjen Yoenoes Madjid, Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Jumat (09/06/2023).

Kadin Indonesia dan Kadin Sultra Berdiskusi Terkait Peluang Bisnis Karbon Di Provinsi Sulawesi Tenggara.
Ketgam : Wakil Ketua Umum Bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kadin Indonesia Silverius Oscar Unggul.

Menurut Silverius Oscar Unggul bahwa Pihaknya kesini ingin menyampaikan terkait Peluang-peluang kepada Teman-teman di Sulawesi Tenggara terkait Bisnis Karbon, karena Bisnis ini akan menjadi Salah satu Bisnis yang paling Valuable (Berharga) dan sangat Bagus untuk dikembangkan Kedepan.

Kebetulan, Kata Silverius, Saat ini Pemerintah Indonesia lewat Undang-Undang Cipta Kerja Izin di Sektor Kehutanan sudah menjadi Satu.

Baca Juga:  Pendampingan Vaksinasi Kepada Warga Terus Dilakukan Babinsa Ranomeeto

“Satu Izin di Sektor Kehutanan bisa Semua Bisnis. Kalau Dulu kan Hanya Satu, misalnya Izin Kayu ya Kayu saja kan. Nah, Sekarang bisa Semua Bisnis (Multi Usaha Kehutanan) jadi termasuk didalamnya Kayu Agroforestri (Tanaman Pertanian) terus Instrumental Service. Itu bisa Air bisa Karbon, Walaupun Bisnis Karbon saat ini memang Regulasinya masih Bergulir dan di Susun oleh Pemerintah,” Katanya.

Silverius juga menerangkan bahwa Bisnis Karbon ini Sayang kalau dilewatkan. Para Pengusaha Sulawesi Tenggara harus bisa Memaksimalkan Peluang ini.

“Jadi dalam Diskusi tadi Kita coba Diskusikan dan Membahas Apa saja Ciri-cirinya Bisnis Karbon itu. Bagaimana Cara Bisnis Karbon itu, Apa yang dilihat dari Bisnis Karbon dan Apa Kira-kira yang Sultra dapatkan kalau Regulai Bisnis Karbon telah dikeluarkan oleh Pemerintah. Nah, Itu Semua Kita sudah Diskusikan tadi,” Terangnya.

Untuk saat ini, Lanjutnya, Tata Laksana Penjualan di Bisnis Karbon masih berproses. Kita Berharap kepada Presiden Jokowi agar secepatnya Mengeluarkan Regulasinya, karena Sebelumnya sudah sempat Disampaikan di Bulan Juni ini Dikeluarkan, Sebab di Bulan September nanti Karbon ini sudah bisa  Diperdagangkan di Pasar Bursa.

Baca Juga:  Peringati HUT Kodam XIV/Hasanuddin, Korem 143/HO Gelar Donor Darah

Selain itu, Tambah Silverius, Pihaknya juga membahas Masalah Regeneratif Produk mengingat Semua Brand-brand Besar di Dunia ingin dapat Bahan Baku Yang Baik, Non Kimia dan Lainnya.

“Dan Perlu Kita Ketahui Bersama yang dibutuhkan Dunia Sekarang ini adalah Kakao karena dulu Sultra adalah Pengekspor atau Penghasil Kakao Terbesar dan Terbaik. Nah, Sekarang saatnya untuk Merevitalisasi Kakao Kita, karena Tidak Semua Daerah bisa Menanam Kakao sebaik Kita kan, Jadi jika nantinya Dunia Datang dan Membutuhkan Kakao Yang Baik Kita Sudah Siap,” Pungkas dan Tutupnya.

Laporan/Editor : Muhammad Irwansyah (Wartawan Muda PWI Angkatan Ke-26).

Leave A Reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Linda Barbara

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vestibulum imperdiet massa at dignissim gravida. Vivamus vestibulum odio eget eros accumsan, ut dignissim sapien gravida. Vivamus eu sem vitae dui.

Recent posts