BerandaKementerian Pertanian RIMentan Amran Tinjau Pertanaman Padi dan Cetak Sawah di Manokwari, Papua Barat...

Mentan Amran Tinjau Pertanaman Padi dan Cetak Sawah di Manokwari, Papua Barat 2024

Author

Date

Category

MANOKWARI, JURNALISWARGA.ID – Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat, Jumat (31/5/2024).
Dalam kunjungannya, Mentan Amran meninjau jalannya pertanaman padi dan program cetak sawah di daerah tersebut. Ia menekankan pentingnya memaksimalkan pompanisasi dan optimasi lahan (Oplah) dengan memanfaatkan alat mesin pertanian (alsintan) yang dapat menghemat biaya produksi hingga 50 persen.

“Yang mau oplah (optimasi lahan) jangan dialihfungsikan, fokus dengan apa yang telah kita targetkan bersama, yaitu menjadikan Papua sebagai lumbung pangan Indonesia timur,” ujar Mentan Amran.

Mentan Amran Tinjau Pertanaman Padi dan Cetak Sawah di Manokwari, Papua Barat 2024

Mentan juga meminta pemerintah daerah untuk segera mendatangkan alat berat seperti eksavator dan mesin perata tanah guna mengolah lahan menjadi lebih produktif. Mengenai pembiayaan, Mentan memastikan bahwa pemerintah pusat akan memberikan dukungan penuh.

Baca Juga:  Sinergitas TNI-POLRI Polsek Parungpanjang Polres Bogor Giat Operasi Mantab Brata Sekaligus Sambang Warga Binaan Berikan Pesan Kamtibmas 2023

“Segera cari eksavator karena nanti biayanya akan kita siapkan. Yang kedua, dari 20 ribu hektare lahan yang ada, saya minta segera dilakukan penambahan melalui cetak sawah,” tegasnya.

Berdasarkan data, Papua Barat memiliki potensi besar dalam mendukung Indonesia menjadi lumbung pangan dunia. Di Kabupaten Manokwari sendiri, terdapat potensi lahan mencapai 2.558 hektare di Kecamatan Sidey dan Masni.

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan, Ali Jamil, menambahkan bahwa kegiatan optimasi lahan sudah berjalan dengan baik, seiring dengan upaya pemerintah dalam memperbaiki infrastruktur dan mengalokasikan alsintan serta pompanisasi.

Baca Juga:  Manokwari Didorong Jadi Contoh Hilirisasi Kelapa Sawit oleh Menteri Pertanian 2024

“Saat ini telah dilakukan olah tanah dengan menggunakan alsintan yang telah kita alokasikan. Kegiatannya diantaranya normalisasi saluran dan pengolahan lahan pada lahan rawa pasang surut dengan menggunakan TR 4,” jelas Ali Jamil.

Kunjungan ini diharapkan dapat mempercepat proses optimasi lahan dan meningkatkan produktivitas pertanian di Papua Barat, sehingga dapat mendukung visi menjadikan Papua sebagai lumbung pangan Indonesia timur.

Sumber :
https://pertanian.go.id/home/?show=news&act=view&id=6128

Leave A Reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Linda Barbara

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vestibulum imperdiet massa at dignissim gravida. Vivamus vestibulum odio eget eros accumsan, ut dignissim sapien gravida. Vivamus eu sem vitae dui.

Recent posts