BerandaBogorMusrenbang RKPD Kab. Bogor Untuk Perencanaan Tahun 2024

Musrenbang RKPD Kab. Bogor Untuk Perencanaan Tahun 2024

Author

Date

Category

“Optimalisasi Kinerja Pemerintah Daerah Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik”

CIBINONG, (JW) – Musrenbang RKPD Kabupaten Bogor Untuk Perencanaan Tahun 2024 dengan tema “Optimalisasi Kinerja Pemerintah Daerah Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik” yang di laksanakan oleh Pemkab Bogor Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan bersama jajaran Pemkab Bogor, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta camat se-Kabupaten Bogor gelar giat Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2024 tingkat Kabupaten Bogor di Gedung Tegar Beriman, Senin (20/3/23).

Turut hadir dalam Musrenbang RKPD Tahun 2024 tingkat Kabupaten Bogor yakni Plt. Bupati Bogor, Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Burhanudin, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor, perwakilan Dandim 0621, perwakilan Polres Bogor, anggota DPRD Jawa Barat, Ahmad Ruhiyat, Erni Sugiarti, Prasmawati, H. Cecep Gogom, H. Supono, anggota DPRD Kabupaten Bogor Fikri Hadi.

Perwakilan Danlanud ATS Letkol Pas Hadi Santoso, Ketua PA, Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Bogor Agus Salim, Perwakilan Unhan RI Marsma TNI E. Soni AS dan Perwakilan PN, Para Ketua Organisasi Kemasyarakatan dan Pimpinan Media Kabupaten Bogor.

Musrenbang RKPD Kab. Bogor Untuk Perencanaan Tahun 2024

Break Talk Show Perencanaan:
1.Bappeda Provinsi Jawa Barat
2.Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya
3.Direktorat Evaluasi Kinerja dan Peningkatan Kapasitas Daerah Kemendagri RI

Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan dalam sambutannya mengungkapkan, melalui Musrenbang RKPD Tahun 2024 tidak hanya mematangkan program prioritas usulan dan kebutuhan masyarakat tapi juga fokus pada kegiatan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Bogor tahun 2025.

Baca Juga:  DPRD Sultra Gelar RDP Terkait Pungli Kepengurusan SPB Oleh Oknum KUPP Kelas 1 Molawe Konut

“Hari ini menyepakati usulan, aspirasi, kebutuhan masyarakat yang sebelumnya telah dimatangkan melalui Musrenbang Kecamatan dan Forum Perangkat Daerah agar semua usulan masuk hari ini. Melalui kegiatan ini kami matangkan secara bersama-sama di tingkat Kabupaten Bogor melalui penandatanganan kesepakatan bersama,” ungkap Iwan Setiawan.

Musrenbang RKPD Kab. Bogor Untuk Perencanaan Tahun 2024

Lanjut Iwan Setiawan menerangkan, bahwa program prioritas tahun 2024 disinkronkan dengan program RPJPD hingga tahun 2025 mengingat akan adanya kekosongan pimpinan daerah di tahun 2024 mendatang, sehingga bisa menyesuaikan dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Bogor terpilih yang akan datang.

“Untuk itu dalam penyusunan RPD 2024-2026 kita berpedoman pada RPJPD hingga tahun 2025. Insya Allah tidak akan keluar dari pedoman yang ada,” jelas Plt. Bupati Bogor.

Menurutnya, penyusunan RKPD tahun 2024 selain berpedoman pada RPJPD juga berpedoman pada RPD agar pembangunan dan pelayanan terhadap masyarakat itu tetap berjalan dengan baik. Sehingga kami menitikberatkan pada pelayanan, optimalisasi kinerja pemerintah daerah dalam penyelenggaraan pelayanan publik.

“Kami menitikberatkan kepada kualitas pelayanan dalam hal ini adalah bagaimana memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat ini lebih dioptimalkan jadi semangatnya adalah pelayanan terhadap masyarakat,” beber Iwan Setiawan.

Iwan juga optimis kualitas pelayanan di tahun 2024 dan 2025 akan lebih profesional dan bisa memberikan kepuasan kepada masyarakat.

Kesempatan selanjutnya, Kepala Bappedalitbang Kabupaten Bogor, Ir. Suryanto Putra, M.Si mengemukakan bahwa penyusunan RKPD tahun 2024 fokus bagaimana memenuhi kebutuhan dan aspirasi masyarakat juga fokus membangun pelayanan publik yang optimal supaya bisa melayani masyarakat dengan baik.

Baca Juga:  Ibu Iriana Apresiasi Kontribusi Kader Posyandu terhadap Kesehatan Anak Indonesia 2023

Menurutnya salah satu program tahun 2023 yang dilanjutkan ke dalam program prioritas tahun 2024 yakni program Satu Miliar Satu Desa (Samisade).

“Samisade itu kan bagus, kita lanjutkan. Pembangunan sarana prasarana jalan itu tetap dilanjutkan, pendidikan juga kesehatan. Serta fokus pada pelayanan publik dengan stabilitas pembangunan daerah,” ujarnya.

Bendahara DPC Ajwi Kab. Bogor Jasiman Sitorus,S.Kom., MM ikut mendatangani berita acara Musrenbang RKPD Kab.Bogor

Pada sesi tanya jawab salah satu peserta dari perwakilan Dewan Pimpinan Cabang Aliansi Jurnalis Warga Indonesia (DPC AJWI) Kabupaten Bogor Jasiman Sitorus,S.Kom.,M.M ikut menyoroti adanya pelayanan publik yang belum maksimal agar lebih di tingkatkan lagi melalu penambahan SDM yang berkompeten di bidangnya.
” Seringkali kita datang ke ruang pelayanan publik, yang sering jadi kendalah adalah adanya petugas yang tidak berada di tempat tugas karena berbagai alasan” ungkap Jasiman Sitorus Bendahara DPC Ajwi Kabupaten Bogor.

“Semoga kedepannya pelayanan publik lebih di perhatikan lagi, bisa bersinergi dengan semua pihak baik itu ormas, LSM ataupun Media” harapnya.

Musrenbang RKPD Kabupaten Bogor Untuk Perencanaan Tahun 2024 di akhiri dengan penandatanganan kesepakatan bersama
usulan, aspirasi, kebutuhan masyarakat oleh Plt. Bupati Iwan Setiawan, Sekda kabupaten Bogor, Kepala Bappedalitbang, DPRD kabupaten Bogor, Kejaksaan, Pengadilan Negeri, Polres Bogor, Kodim Kabupaten Bogor, Para Dinas, Camat, Pimpinan Media, Jasiman Sitorus Dpc Ajwi Kabupaten Bogor, Dll. (NR)

Leave A Reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Linda Barbara

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vestibulum imperdiet massa at dignissim gravida. Vivamus vestibulum odio eget eros accumsan, ut dignissim sapien gravida. Vivamus eu sem vitae dui.

Recent posts