BerandaBogorAsosiasi Pendeta Indonesia Kabupaten Bogor Sukses Gelar Seminar Kebangsaan 2023

Asosiasi Pendeta Indonesia Kabupaten Bogor Sukses Gelar Seminar Kebangsaan 2023

Author

Date

Category

Cileungsi, (jurnaliswarga.id) – Bertempat di GBI Maison Avenue Kota Wisata, Gunung Putri, Kabupaten Bogor yang juga adalah kantor Asosiasi Pendeta Indonesia Kabupaten Bogor, telah diselenggarakan Seminar Kebangsaan dan perayaan Paskah 2023 Asosiasi Pendeta Indonesia (API) DPC Kabupaten Bogor.Jumat (02/6/2023)

Dari unsur pemerintahan yang hadir, ada wakil dari Kantor Kesbangpol Kabupaten Bogor Ferdi Pardede, Polres Bogor yang diwakili oleh Kapolsek Cileungsi Kompol Sulkarnain, Kodim Bogor yang diwakili oleh Danramil Cileungsi Mayor Kusnun dan Pembimas Kristen Jawa Barat Pdt Dr Harapan Nainggolan, M.Th. Dari internal API, dihadiri oleh Ketua Umum API, Brigjen (Purn) Harsanto Adi, MM, M.Th, beberapa pengurus API Depok dan ada dari pengurus API Jakarta. Juga hadir Ketua BKSG Kecamatan Cileungsi, Pdt Eliakim Nababan dan beberapa pengurus. Serta kehadiran para pengurus API Kabupaten Bogor, para pendeta dan jemaat-jemaat dari beberapa gereja lokal.

Asosiasi Pendeta Indonesia Kabupaten Bogor Sukses Gelar Seminar Kebangsaan 2023

Acara Asosiasi Pendeta tersebut dilaksanakan dalam 3 sessi yaitu dua sessi dengan seminar dan satu sessi dengan ibadah perayaan paskah.
Acara dimulai pada jam 13.30.

Dibuka dengan doa oleh Ketua DPC API Kota Depok, Pdt Roland Mosez kemudian menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

Sambutan pertama disampaikan oleh Ketua Panitia, Pdt Jonas Sitohang yang menyapa dengan ramah dan hangat semua yang hadir. Selanjutnya, sambutan kedua oleh Ketua DPC API Kabupaten Bogor, Pdt Glen M. Lasut, S.Th. Dalam sambutannya, Glen menyatakan bahwa acara ini adalah bentuk konstribusi API Kabupaten Bogor untuk perkembangan pelayanan gereja di Kabupaten Bogor, dengan harapan bahwa dari acara ini, para pendeta dan aktivis serta jemaat dapat memperoleh informasi yang diperlukan khususnya mengenai sertifikasi lahan gereja. Selanjutnya sambutan ketiga dari Ketua Umum API, Brigjen (Purn) Pdt Harsanto Adi yang menyinggung peran API di dalam berbangsa dan bernegara.

Baca Juga:  Peringati Hari Guru Nasional, Ibu Ibu Wali Murid dan Siswa Siswi SDN Nanggewer 02 Beri Guru Ucapan Dan Hadiah

Asosiasi Pendeta Indonesia Kabupaten Bogor Sukses Gelar Seminar Kebangsaan 2023Sambutan dari Kesbangpol Kabupaten Bogor oleh Freddy Pardede mewakili Kepala Badan Kesbangpol. Dalam sambutanya, bahwa API Kabupaten Bogor adalah organisasi yang sudah tercatat di Kabupaten Bogor dan diharapkan mampu untuk melakukan kegiatan kegiatan yang positif bagi pembangunan di Kabupaten Bogor.

Selanjutnya turut berbicara pada waktu itu adalah Danramil Kecamatan Cileungsi, Mayor Kusnun yang mewakili Dandim Bogor yang juga menyambut baik acara ini sekaligus memberikan semangat kepada API Kabupaten Bogor untuk terus bekerja.

Seminar Kebangsaan bertajuk “Hak Tanah Bagi Gereja” dengan pembicara adalah Staf Ahli Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang Michael Gorbachev, M.Si, didampingi oleh Pdt Anton Simanjuntak, S.Sos Wakil Ketua IV DPC API Kab Bogor sebagai moderator. Michael atau yang disapa akrab dengan bang Gorba itu mengatakan bahwa kementrian ATR membuat MOU dengan organisasi organisasi aras gereja mengenai masalah sertifikasi lahan.

“MOU dengan berbagai aras ini penting karena dengan MOU itu jalan, maka (tanah) gereja gereja yang belum bersertifikat atau belum balik nama, itu dikoordinir saja, itu akan lebih mudah bagi kami (Kementrian ATR). Inilah percepatan yang dibuat”, pungkasnya.

Di seminar sessi kedua, materi seminar bertajuk “Partisipasi Umat Kristen Dalam Pemilu” yang disampaikan oleh Ketum API Brigjen(Purn) Harsanto Adi, MM, M.Th dengan didampingi juga oleh Pdt Anton Simanjuntak, S.Sos sebagai moderator. Mengenai peran gereja, Harsanto Adi mengatakan bahwa Gereja harus bisa melahirkan pemimpin pemimpin dibidangnya.

Baca Juga:  Polsek Leuwiliang Polres Bogor Amankan Pelaku Pemerasan Berkedok Sebagai Awak Media

“Mengenai peran gereja, gereja tidak berpolitik, tapi bagaimana gereja harus mampu melahirkan dari rahim gereja, lahirlah para politikus, para bussines man, para (anggota) TNI, POLRI, para pengusaha, yang harus dari rahim gereja”, papar Harsanto.

Selesai break, dimulailah acara Ibadah Paskah yang berlangsung dengan hangat dan penuh sukacita dari semua peserta acara. Pujian penyembahan dipimpin oleh Pdt Stefanus Kadja, S.PdK. Bertindak sebagai pengkhotbah dalam ibadah adalah Pembimas Kristen di Kemenag Provinsi Jawa Barat Pdt Dr Harapan Nainggolan, M.Th. Dalam Khotbahnya yang mengambil nats dalam Matius 28:1-10, meminta agar API Kabupaten Bogor harus hadir dan menjadi wadah yang Solutif saat ini khususnya di Kabupaten Bogor dan juga menjadi Organisasi yang Kolaboratif yang mau terbuka untuk bekerjasama dengan lembaga-lembaga lain dalam membangun Kabupaten Bogor secara umum dan bekerja bagi kemajuan pelayanan gereja secara khusus. Selesai khotbah, kembali Pdt Jonas Sitohang selaku ketua panitia menyampaikan ucapan terima kasih mewakili panitia dan DPC. Doa penutup dan berkat dilakukan oleh Pembimas Kristen Jawa Barat Pdt. Dr Harapan Nainggolan, M.Th

Selesai ibadah, ada satu acara lagi yang merupakan acara internal API Bogor, yaitu acara khusus pelantikan Perwakilan DPC API Bogor untuk Kecamatan Ciseeng dan Parung yaitu Pdt Albert Chen Tuuk, S.PdK sebagai ketua dan Pdt Hosea Priya Wibowo sebagai sekretaris oleh Ketua API Bogor Pdt Glen Lasut didampingi Sekretaris DPC Pdt Roman Sibuea, S.Kom dan bendahara DPC Pdt Ibu Esther Fridag Sibarani, SH, M.Kn.

Leave A Reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Linda Barbara

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vestibulum imperdiet massa at dignissim gravida. Vivamus vestibulum odio eget eros accumsan, ut dignissim sapien gravida. Vivamus eu sem vitae dui.

Recent posts