BerandaDesa / KelurahanUndangan Mediasi Permasalahan Antara Pihak Warga Desa Torobulu (Emak-Emak) Dengan Pihak PT....

Undangan Mediasi Permasalahan Antara Pihak Warga Desa Torobulu (Emak-Emak) Dengan Pihak PT. WIN Di Mapolres Konsel Batal, Ini Penyebabnya !!!

Author

Date

Category

JURNALISWARGA.ID | KONSEL – Aksi Protes Warga Desa Torobulu (Emak-emak, red), Kecamatan Laeya, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) terkait Aktivitas Penambangan PT Wijaya Inti Nusantara (WIN) pada Rabu (27/09/2023) membuat Kepolisian Resor (Polres) Konsel berinisiatif untuk melakukan Mediasi agar Permasalahan tersebut Tidak Berlanjut dan Berkepanjangan.

Niat Mediasi oleh Kepolisian Setempat terpaksa dibatalkan dan akan dilaksanakan di Kesempatan berikutnya. Batalnya Mediasi yang ditempatkan di Ruang Rapat Mapolres Konsel tersebut dikarenakan Salah satu Pihak dari Warga Desa Torobulu (Emak-emak, red) yang menghadang Alat Berat PT. WIN Beberapa Waktu lalu Tidak Hadir.

“Sedianya Sore ini ada Agenda Mediasi antara Warga Desa Torobulu (Emak-emak, red) dan Pihak PT. WIN. Hanya saja, Pihak Warga Desa Torobulu (Emak-emak, red) yang di Undang Tidak Hadir karena diduga ada Ketakutan untuk di Berita Acara Pemeriksaan (BAP) sehingga Bapak Wakil Bupati Konsel dan Bapak Wakapolres Konsel menyetujui Mediasi dibatalkan dan diagendakan di Hari Lain,” Ujar Kepala Desa  (Kades) Torobulu Nilham kepada Awak Media di Mapolres Konsel, Senin (02/10/2023).

Baca Juga:  Kapolres Torut Tekankan Intruksi Kapolri Kepada Personel Terkait Larangan Tilang Manual

Menurut Nilham bahwa Ketidakhadiran Warga Desa Torobulu (Emak-emak, red) untuk mengikuti Mediasi di Mapolres Konsel itu dikarenakan adanya Surat Panggilan Beberapa Waktu lalu sempat Ribut dengan Pihak PT WIN terkait Aktivitas Pertambangan yang dianggap Mengganggu dan Mengancam Pemukiman Warga.

“Warga Desa Torobulu (Emak-emak yang di Undang Tidak Hadir dikarenakan diduga ada Ketakutan jangan sampai Mereka di BAP sebab untuk Pertama Kali mendapat Panggilan di Mapolres. Meski itu Undangan Mediasi,” Katanya.

Meski demikian, Orang nomor satu di Desa Torobulu ini mengaku bahwa Mediasi akan dijadwalkan dan dilaksanakan di Desa Torobulu dan dihadiri dari pihak PT WIN, Pemerintah Daerah, Polres Konsel, Inspektur Pertambangan dan Warga Desa Torobulu itu sendiri.

“Kami berharap PT. WIN untuk menghentikan Aktivitas Pertambangan yang berada di Area dekat dengan Pemukiman Warga sehingga tidak menimbulkan Kerributan atau Konflik lagi. Saran, baiknya Pihak PT WIN untuk melakukan Penggalian di Tempat Lain sambil menunggu Hasil Mediasi,” Tandasnya.

Baca Juga:  Kodim 1414/Tator Bersinergi Melalui Gerak Jalan Santai Dalam Rangka HUT Ke-76 Bhayangkara

Sementara itu, Wakil Bupati Konsel Rasyid, S.Sos mengakui bahwa Betul adanya Pembatalan Mediasi antara Warga Desa Torobulu (Emak-emak, red) dengan Pihak PT. WIN itu dikarenakan Salah satu Pihak yang Tidak Hadir sehingga diminta untuk di Jadwalkan Ulang dan Pelaksanaannya di Lokasi Tambang PT. WIN di Desa Torobulu.

“Kita Agendakan Mediasi kembali sambil Kita lakukan Pengecekan Lapangan sehingga saat Mediasi ada Solusi yang diputuskan,” Kata Rasyid.

Senada dengan Wakil Bupati Konsel, Wakapolres Konsel KOMPOL Jupen Simanjuntak, S.H., S.IK., M.H membenarkan bila Agenda Mediasi telah dibatalkan sambil menunggu Kesepakatan berikutnya.

“Iya betul, Agenda Mediasi telah dibatalkan dikarenakan Salah satu Pihak Tidak Hadir, maka Mediasi di Jadwalkan Ulang,” Ujar Jupen Simanjuntak.

Laporan/Editor : Muhammad Irwansyah (Wartawan Muda PWI Angkatan Ke-26).

Leave A Reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Linda Barbara

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vestibulum imperdiet massa at dignissim gravida. Vivamus vestibulum odio eget eros accumsan, ut dignissim sapien gravida. Vivamus eu sem vitae dui.

Recent posts