BerandaInfrastrukturPenjelasan Danrem 143/HO Mengenai Kesiapan Skuadron Penerbad Di Langgikima Konut Dan Peresmian...

Penjelasan Danrem 143/HO Mengenai Kesiapan Skuadron Penerbad Di Langgikima Konut Dan Peresmian Kodim 1431/Bombana

Author

Date

Category

JURNALISWARGA.ID | KENDARI Beberapa hari lalu, tepatnya pada tanggal 10 – 11 Oktober 2023, Kasad Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) di Wilayah Korem 143/HO. Setibanya di Lanud Haluoleo Kota Kendari, Kasad bersama Rombongan langsung menuju ke Desa Molore, Kecamatan Langgikima, Kabupaten Konawe Utara (Konut), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggunakan Helikopter untuk melakukan Peninjauan Lokasi rencana Pembangunan Skuadron Penerbangan Angkatan Darat (Penerbad) yang merupakan Hibah dari Bupati Konut H. Ruksamin.

Untuk lebih mengetahui tentang apa itu Skuadron dan sejauh mana Kesiapan, Keberadaan serta Nilai Strategisnya, Media Jurnaliswarga.id telah melakukan Wawancara lansung dengan Danrem 143/HO Brigjen TNI Ayub Akbar di Ruang Kerjanya, Selasa (24/10/2023).

Saat di lakukan Wawancara, Danrem 143/HO Brigjen TNI Ayub Akbar mengatakan bahwa yang dimaksud dengan Skuadron itu adalah Pengembangan Organisasi Angkatan Darat ke depan. Jadi memang ada rencana Angkatan Darat mengembangkan Skuadron di Wilayah Timur, Wilayah Tengah dan Wilayah Barat. Untuk Wilayah Timur kemarin kan sudah ada di Makassar.

Lanjutnya, Kalau Penerbad itu di Kalimantan. Rencana ada di buat juga di Kabupaten Konut. Ini masih rencana dan sudah ada Pengusulan atau Permintaan dari Pak Bupati yang menyediakan Lahan. Jadi merupakan Respon Kita lah karena ada Itikad baik dari Kabupaten untuk menyiapkan Lahan maka kemarin Angkatan Darat melalui Pak Kasad mengecek Kesiapannya dan sejauh mana Keberadaan serta Nilai Strategisnya.

Baca Juga:  Pangdam Kunjungi Stand Pameran Alutsista Kodam XIV/Hasanuddin

“Karena untuk mencari Lahan yang Strategis seluas itu kan memang agak sulit dan perlu waktu sehingga ini Tahap Awal dari rencana pengembangan Angkatan Darat ke depan untuk Penerbad,” beber Brigjen TNI Ayub Akbar.

“Mudah-mudahan ini bisa terealisasi berkat dukungan Pemerintah Daerah (Pemda) bekerja sama dengan Angkatan Darat sehingga dalam waktu dekat bisa di wujudkan,” harapnya.

Jadi kalau di sana di Daerah Langgikima ada Penerbad maka secara otomatis Daerah di sekitarnya akan berkembang.

Selain itu juga secara Nilai Strategisnya bisa mengcover, mengamankan dan membantu Kegiatan-kegiatan Operasional Angkatan Darat di Wilayah Sulawesi pada khususnya.

Ketgam : Danrem 143/HO saat di wawancara oleh Media Jurnakiswarga.id di Ruang Kerjanya, Selasa (24/10/2023) Foto Istimewa.

“Ini kaitannya dengan Penyiapan Alusistanya, Ketersediaan Helinya perlu waktu, perlu tahapan karena tidak mudah menghadapinya butuh biaya yang cukup besar, mudah-mudahan Negara bisa mendukung itu karena memang kita butuh Heli sebab Daerah Kita cukup bervariasi ada yang Kepulauan, Pedalaman sehingga Alat transportasi yang paling efektif itu Heli,” pungkas Danrem 143/HO.

Kemudian, di kesempatan ini juga Danrem 143/HO Brigjen TNI Ayub Akbar menyampaikan bahwa untuk Kodim 1431/Bombana sudah di rencanakan beberapa tahun lalu.

Menurutnya, sebenarnya masih kurang di bandingkan dengan Luas Wilayah Kita yang ada dari Tujuh Belas (17) Kabupaten/Kota,  Kita baru hanya Enam (6) Kodim, itu tergantung Nilai Strategisnya atau Urgensinya. Kemudian, Kesiapan Lahan  dan Anggaran untuk Pengembangan Organisasi karena cukup membutuhkan biaya yang cukup tinggi sehingga secara bertahap Angkatan Darat berupaya untuk menyiapkan dan membangun Satuan-satuan dalam rangka membantu Pemda.

Baca Juga:  Cegah Banjir, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns Laksanakan Gotong-royong Pembangunan Bronjong Drainase Air bersama Warga Perbatasan

“Nah, ini berkat dukungan Pemda Bombana dalam menyiapkan Lahan juga membantu menyiapkan Sarana-sarana yang lainnya sehingga ini bisa terlaksana,” jelas Danrem 143/HO.

“Ini Pembangunannya dari Tahun 2001 artinya Penganggaran dari Sebelum-sebelumnya dan ada Rencana Strategi (Renstra) Kita,” tambahnya.

Kemudian, ke depan nanti kalau tidak ada hambatan dan dananya juga mencukupi maka ada Pengembangan Satuan Kompi Kavaleri, Satuan Arhanud, Pembangunan Kodim jadi ada beberapa Satuan di Renstra itu yang nanti ke depan akan di bentuk serta dilakukan secara bertahap.

“Idealnya Satu (1) Kodim itu untuk Satu (1) Kabupaten,” pintanya.

“Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) Kodim adalah Tugas Teritorial atau Kewilayahan dalam membantu Pemda, mensejahterakan Masyarakatnya, mencari Solusi atas Kesulitan Masyarakat, membantu Kesehatan dan Pembangunan serta Program-program lainnya seperti Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), Air Bersih yang sekarang lagi musim kemarau jadi semua ini dilakukan dengan Nilai Kejuangan,” ungkapnya.

“Peresmian Kodim1431/Bombana direncanakan akan di lakukan pada tanggal 30 Oktober 2023 jadi untuk Pembangunan Fisik Kantornya sudah Seratus (100) Persen dan Alhamdulillah sudah ada juga dukungan Pernyataan dari Pemda yang nanti akan membantu Kita untuk membangun beberapa Unit Perumahan serta untuk Personilnya sudah Kami Sprintkan dan Tempatkan,” tutup Brigjen TNI Ayub Akbar.

Liputan/Editor : Muhammad Irwansyah (Wartawan Muda PWI Angkatan Ke-26).

 

Leave A Reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Linda Barbara

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vestibulum imperdiet massa at dignissim gravida. Vivamus vestibulum odio eget eros accumsan, ut dignissim sapien gravida. Vivamus eu sem vitae dui.

Recent posts